Rabu, 12 Oktober 2011

tari khas kota.ku

Tari Topeng Malangan
Tari Topeng Malangan adalah kesenian khas kota Malang yang konon diperkirakan muncul sejak awal abad 20 dan berkembang pesat selama masa kemerdekaan. Tari ini adalah perlambang bagi sifat manusia, karenanya banyak model topeng
yang menggambarkan situasi yang berbeda, menangis, tertawa, sedih, malu dan sebagainya.
rac0wpie956
Kesenian Tari Topeng Malang merupakan hasil perpaduan antara budaya Jawa Tengahan, Jawa Kulonan dan Jawa Timuran (Blambangan dan Osing). Sehingga akar gerakan tari ini mengandung unsur kekaya
an dinamis dan musik dari etnik Jawa, Madura dan Bali.
Biasanya tari ini ditampilkan dalam sebuah fragmentasi hikayat atau cerita rakyat setempat tentang berbagai hal terutama bercerita tentang kisah-kisah panji.
Di Malang sendiri ada banyak, sentra tari topeng.Salah satunya di dusun kedungmonggo sanggar seni Asmoro Bangun Kecamatan Pakisaji kab. Malang, yang dipegang oleh keluarga mbah karimun (95),tapi berhubung mbah Mun sudah sepuh dan sakit sakittan, kerajinan topeng diwariskan oleh istrinya mbah Maryam dan cucunya.
Sayangnya, faktor generasi penerus menjadi faktor utama untuk melestarikan kesenian khas Malang ini, menegakkan keeksisan tari topeng Malang lambat laun mendekati kepunahan.
Oleh karena itu sebagai generasi penerus yang cinta kebudayaan bangsa saendiri, sudah sepatutnyalah kita melanjutkan warisan kebudayaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar